[Wawancara] WINNER di Allure Korea Edisi Juni 2016

WINNER TAKES IT ALL
pemenang mendapat segalanya-

Terjemahan B.Inggris oleh Chrissy96_
Terjemahan B.Indonesia oleh innerwinner2510
Scan foto oleh goduandme5 & SoRi_foryou

Lihat video BTS pemotretannya disini

“Kami bersulang untuk WINNER yang telah menyelesaikan promosi bagi mini album mereka, “EXIT:E”. Kami selalu mengharapkan segala yang terbaik di sepanjang jalan yang akan WINNER tempuh menuju tujuan-tujuannya”

1

Seungyoon dan Seunghoon yang mencetakkan nama mereka melalui program audisi, Mino yang menghabiskan harinya di atas panggung sebagai seorang rapper underground, dan Jinwoo serta Taehyun yang bertahan dalam periode training ketat dan lama. Mereka memperoleh nama “WINNER” melalui program survival, “WIN”, dimana mereka berkompetisi melawan Tim B sebagai Tim A. YG, yang tidak mau berkompromi terkait dengan kesempurnaan, memerlukan waktu 9 tahun untuk membentuk WINNER, boy group kedua-nya setelah BIGBANG. Setelah waktu produksi yang lama, sepuluh lagu yang diciptakan oleh anggota WINNER menyuarakan diri mereka sebagai seorang artis, bukan sebagai seorang idol. Pada hari debut mereka, track utama WINNER, “Empty” menyapu posisi pertama dalam berbagai tangga musik. Dan satu setengah tahun pun berlalu. Hiatus merupakan hal yang sangat tidak biasa dan tidak mudah, terutama di lingkungan dimana arus idol mengalir dengan sangat cepat. WINNER, yang telah kembali, mengumumkan rencana mereka untuk aktif disepanjang tahun 2016 dengan proyek mereka “Exit Movement”. Mini album mereka “EXIT:E” hanyalah sebuah permulaan. Album ini tersusun dari lagu-lagu ciptaan sendiri anggota WINNER. Track utama mereka, “Baby Baby” dan “Sentimental”, dan juga lagu solo Nam Taehyun, “I’m Young” memiliki video musik dari lima lagu yang ada dalam album. Daripada melihat secara luas berbagai genre dalam album ini yang di dalamnya termasuk blues, pop, dan lain-lain, akan sangat penting bagi kita untuk lebih fokus pada bagaimana setiap lagu bersinar sepenuhnya secara bersama-sama. Seolah mereka telah menanti hal ini terjadi, WINNER dengan sukses telah menyelesaikan tur konser domestik pertama mereka, “2016 WINNER EXIT TOUR” dan menantang diri mereka dalam program variety mengasuh anak “Half Moon Friends”. Para pemuda ini memiliki energi serta gairah tinggi dan mereka masih memiliki banyak hal untuk ditunjukkan. Kita, yang telah menyaksikan bagaimana mereka mendapat nama mereka, WINNER, dari permulaan, hanya perlu menikmati dan menonton bagaimana mereka dewasa menjadi pemenang yang sesungguhnya. Karena nama mereka adalah WINNER, karena menjadi pemenang selalu merupakan tujuan mereka dan karena rasa haus mereka akan musik jauh lebih dalam dan kuat dari pada yang kita perkirakan.

2

Setelah hiatus selama 1 setengah tahun, kalian sudah menyelesaikan tahap promosi untuk mini album “EXIT:E” dan tur konser domestik pertama kalian juga sudah berakhir pula. Apa kalian merasa lebih lega sekarang?
Seungyoon
Aku merasa perasaan tidak nyaman yang tidak kunjung pergi dari dadaku mendadak menghilang. Karena energi yang terperangkap di dalam diri ini terlepas seperti champagne merembes keluar botol dalam pemotretan ini. Aku merasa seperti memulai sesuatu yang baru. Tapi ini saja tidak cukup. Masih banyak gelas tertinggal yang mesti diisi dengan champagne . Aku berharap dapat menunjukkan banyak hal yang baru dan baik.
Mino
Aku sangat frustasi selama hiatus, aku sangat ingin kembali secepatnya untuk menunjukkan musik kami. Aku harus sering menelan rasa cemas sendiri, akan tetapi, perasaan maaf yang aku punya terhadap orang yang menunggu kembalinya kami sangat besar. Aku sangat berterima kasih kepada mereka.
Taehyun
Selama hiatus, aku sangat haus akan masa promosi, namun ketika melangkah di panggung, aku malah merindukan hiatus lagi. Aku berpikir “Kalau saja aku berlatih instrumen lebih keras…. Kalau saja aku lebih bersiap-siap, aku pasti akan lebih dipersenjatai” Aku menyesali berbagai hal. Aku juga khawatir akan menjadi seseorang yang tidak sabaran. Aku khawatir tentang apakah aku menjadi terlalu rakus karena keinginan yang terlampau cepat dalam mengejar kesempurnaan di usia yang teramat muda.
Jinwoo.
Hiatus selama satu setengah tahun ini meninggalkan perasaan yang sangat tidak mengenakkan. Aku merasa, aku melepaskan sebagian dari rasa frustasi itu melalui promosi [EXIT:E]. Berdiri kembali secepatnya di atas panggung merupakan tujuan kami, karena masa promosi EXIT:E ini terlalu singkat untuk menghilangkan rasa ‘lapar’ yang terbangun selama waktu hiatus.
Seunghoon
Di luar, hanya waktu-waktu glamor dari WINNER yang dipertontonkan. Namun, aku pikir aku merasakan perasaan kosong yang kuat datang setelah panggung glamor dan megah itu menghilang. Emosi yang dirasakan oleh orang terlibat sangat berbeda dari apa yang orang lain lihat.

3

Perasaan kosong itu disampaikan lewat lagu ‘Empty’ pada album pertama kalian.
Seunghoon
Ketika sorak sorai penonton dan sorotan yang kau terima di atas panggung mendadak menghilang, maka akan ada sebuah celah yang terasa ‘kosong’ di sudut dadamu.
Seungyoon
Ketika tidak ada kesempatan untuk berdiri di atas panggung, badanku terasa tidak enak dan gatal. Setelah waktu terus berlalu namun tetap dalam situasi yang sama, perasaan kekosongan muncul dan pertanyaan “apa yang sebenarnya aku lakukan sekarang” menemukanmu. Pertanyaan itu mengejutkanmu seolah-olah kau tidak melakukan apa yang seharusnya kau lakukan. Tidak hanya itu, kekosongan secara finansial pun juga mengikuti. Haha. Apa aku menjadi terlalu realistis? Ketika kekosongan mulai masuk ke dalam akun bank, kau akan menjadi “Sentimental”.

Aku akan mengingat jawaban yang kau hubungkan dengan lagu, “sentimental”, yang ada dalam album ini. Aku ingin bertanya kenapa judul dari album ini adalah “EXIT:E”. Di zaman sekarang adalah hal yang biasa ketika mendengar “There is always an entry into a fandom but there is no exit ” (Selalu ada jalan masuk ke dalam sebuah fandom akan tetapi tidak ada jalan keluar), kenapa kamu memilih kata “EXIT”?
Seungyoon
Judul dari album kami muncul secara tidak sengaja. Dalam sebuah gambar pada pemotretan kami di Inggris, director menulis kata, “EXIT”, dan kami sangat menyukai feeling yang diperoleh dari kata itu. Alih-alih menerjemahkannya menjadi “Menjauh dari kami”, kami mengartikannya sebagai “Dengarkanlah musik dari WINNER dan keluarlah (exit) menuju dunia yang berbeda melalui WINNER”.
Mino
Tidak ada momen yang lebih baik daripada ketika musik kami menjadi jalan keluar untuk seseorang dari kehidupan sehari-harinya. Karena itulah kami semua setuju menamai album ini dengan kata “EXIT”.
Taehyun
Kenyataan bahwa kelima anggota WINNER menyukai pilihan ini benar-benar menarik.

4

Jadi setiap anggota WINNER memiliki selera/minat yang berbeda satu sama lain bukan? Bagaimana kalian bekerja sama ketika setiap orang memiliki selera begitu berbeda ?
Seunghoon

Kami sangat berbeda satu sama lain. Pendapat kami biasanya juga tidak pernah satu. Ketika kelima anggota WINNER harus menyatukan suara, Seungyoon, leader kami, memisahkan pendapat setiap orang, mempertimbangkan pendapat tersebut dan pada akhirnya mengumpulkan semua pendapat yang ada. Kami berusaha untuk berkompromi.
Seungyoon
Setiap orang menghargai pendapatku sebagai seorang leader. Aku sangat berterima kasih kepada mereka.
Menemukan seorang leader yang menghargai pendapat anggotanya adalah sebuah hal yang patut disyukuri. Melakukan penilaian terhadap lagu yang diproduksi sendiri bukanlah hal yang mudah. Sepertinya WINNER selalu memilih untuk melakukan terobosan  baru.
Seungyoon
Karena kami adalah orang-orang yang membuat musik mainstream, kami pikir usaha untuk membuat musik yang disukai banyak kalangan adalah hal yang wajar. Tentu saja hal itu tidak mudah, akan tetapi, ketika kami berkata itu sulit, kami seolah menghindari tanggung jawab kami sebagai penyanyi mainstream. Itu sama artinya dengan meninggalkan kewajiban kami.
Sepertinya tidak semua semua orang percaya diri ketika dinilai/dikritik. Apa yang akan kalian lakukan ketika rasa percaya diri kalian turun?
Mino
Ketika rasa percaya diriku hilang atau ketika aku menjadi bingung dengan arah dari hidupku, aku berbicara dengan orang di sekitarku. Berbicara dengan orang di sekitarku membuatku mendapat berbagai solusi dan saran. Aku merasa lega karena memiliki banyak teman dekat yang mengerti situasiku karena kami memiliki pekerjaan yang sama.
Jinwoo
Aku memilih untuk melupakannya dalam waktu singkat agar aku tidak menyiksa diriku sendiri. Biasanya aku dapat melupakannya dengan cepat dan menemukan cara baru untuk menyelesaikan masalah ini.
Seungyoon
Aku akan mandi! Aku menjadi bahagia ketika melihat ke arah cermin pada waktu mandi haha. Aku hanya bercanda. Telingaku peka terhadap pujian yang diberikan oleh orang yang mengenalku dengan baik. Pujian-pujian itu seperti minuman penambah energi bagiku. Sejujurnya, aku menerima banyak kekuatan ketika membaca surat dari penggemar. Ketika rasa percaya diriku sampai pada tingkat paling rendah, setiap huruf dalam tiap kata dari surat penggemar memberi kekuatan yang menempel erat di dadaku.
Taehyun
Aku berusaha sebaik-baiknya untuk mencari cara dalam menyerap berbagai musik yang berbeda tapi sejujurnya aku tidak yakin. Masih terlalu sulit bagiku untuk menemukan cara dalam mengakhiri masalah kurang percaya diri yang aku alami. Ini merupakan tugasku untuk menemukan metode yang tepat.
Seunghoon
Pujian dari presiden YG seperti “kau melakukannya dengan baik” nilainya setara dengan memperoleh sebuah dragon ball (tepat pada momen ini semua anggota WINNER benar-benar setuju!) karena, mendapat pujian seperti itu merupakan sebuah pengalaman yang jarang dan berharga. Kekuatan dan pengaruh yang kami rasakan dari pujian tersebut sangat besar.

5

Seperti yang baru saja disebut Seunghoon, pujian apa yang paling meninggalkan kesan di hati kalian?
Seungyoon
“Lagumu sangat bagus”
Taehyun
Benar sekali. Ketika orang berkata bahwa lagu-laguku bagus. Aku sangat senang ketika orang memuji laguku.
Seunghoon
Kalimat “Kau yang terbaik / kau satu-satunya bagiku”, karena pria adalah makhluk yang haus akan pengakuan/sanjungan.
Seungyoon
Mino mungkin saja akan menjawab “Kau lucu” atau “Kau berpakaian dengan baik” haha.
Kami sudah mendengar kalimat “Jinwoo sangat tampan” berulang kali sampai kami dibuat lelah olehnya.
Seunghoon
Sebenarnya penggemar kami sering berkata “kamu sangat tampan”. Tapi, selalu saja ada perbedaan di depan Jinwoo hyung, di depan Jinwoo hyung mereka akan berujar “Oppa, kau sangat tampan!” dengan sepenuh jiwa raga.

6

Baru-baru ini kalian berpartisipasi dalam program variety mengasuh anak-anak “Half Moon Friends”. Acara tersebut menampilkan WINNER dalam kebingungan yang tidak dibuat-buat dan membuat penonton tertawa serta merasa tersentuh juga. Popularitas Juju-ssaem yang tampan juga dapat dirasakan. Apa tantangan yang kalian rasakan dalam mengasuh anak?
Jinwoo
Kau tahu pepatah lama tentang lebih memilih untuk beternak ketimbang mengasuh anak? Pepatah ini menunjukkan bahwa mengasuh anak adalah sebuah pekerjaan yang sulit dan aku menyadari bahwa pepatah lama ini tidak pernah salah. Aku hanya populer karena rambut berwarna pink-ku yang disukai anak-anak.
Taehyun
Ketika aku diminta untuk memilih antara berternak dan mengasuh anak, aku akan memilih mengasuh anak. Itu memang melelahkan secara fisik tapi kau bisa mendapat dan menerima emosi dari hal itu.
Seunghoon
Ada banyak hal yang dapat dipelajari dari anak-anak. Aku merasa dunia anak-anak merupakan versi lebih kecil dari kehidupan masyarakat kita. Kami menjadi sedikit polos setelah bertemu dengan anak-anak.
Seungyoon
Sampai saat ini, aku tidak pernah berpikir bahwa kami adalah orang dewasa. Kami jarang merawat diri kami sendiri. Walaupun kami bertambah tua, kami tidak menjadi dewasa. Di depan anak-anak, aku memikirkan kembali arti dari menjadi orang dewasa untuk pertama kali. Karena kami diberi tanggung jawab untuk menjadi ‘penjaga’ hidup orang lain, kesempatan ini membuatku memikirkan banyak hal.
Mino
Di depan anak-anak kami menjadi orang dewasa dan guru. Tanggung jawab adalah hal yang menakutkan.

7

Pernahkah kau memikirkan tentang pernikahan karena kesempatan ini?

Seunghoon
Sebelum acara ini dimulai, ada beberapa pertanyaan tentang pernikahan dalam pre-interview. Itu terjadi sebelum tema dari acara ini ditentukan. Aku memiliki teman yang sudah menikah dengan cepat tapi aku mengatakan pada kru produksi bahwa aku belum memikirkan tentang pernikahan saat ini. Karena aku suka bekerja, aku berkata bahwa aku pikir aku akan menikah selambat-lambatnya. Tapi bertemu dengan anak-anak membuatku menyadari betapa imut dan lucunya mereka. Pemikiranku sudah berubah sejak saat itu. Menikah di usia 20-an dan memiliki anak memungkinkanku untuk menjadi seperti teman dengan anak-anakku. Aku merasa itu akan menjadi hal yang mengasyikkan. Tapi tentu saja aku tidak memiliki ‘orang yang dekat’ denganku sekarang,jadi hal ini tidak mungkin terwujud.
Taehyun
Pendapatku agak berbeda. Aku adalah orang yang selalu ingin untuk menikah cepat karena aku sangat  kesulitan ketika berurusan dengan emosi yang aku dapat dari orang lain. Aku ingin menemukan kestabilan emosi. Aku merasa ketika keadaanku stabil maka aku akan bisa lebih fokus pada musik. Jika aku memiliki seseorang yang ingin aku nikahi aku tidak akan ragu-ragu.
Mino

Aku ingin menikah selambat-lambatnya. Aku akan hidup dengan bebas dan penuh kesenangan sampai saat itu tiba!

Tempat ini (tempat wawancara berlangsung) hanya berjarak 10 menit dari bandara Incheon. Ketika kamu diberi waktu libur selama 7 hari apa yang akan kamu lakukan?
Jinwoo
Aku ingin pergi ke pulau Zakinthos di Yunani. Tempat itu adalah tempat syuting dari drama “Descendent of the Sun” dan aku masih terobsesi dengan drama itu walau dramanya telah berakhir. Pantainya sangat indah.
Mino
Aku ingin pergi ke negeri yang alamnya kaya. Aku akan berdiam diri di tempat itu. Sesekali aku akan melihat ke arah langit kemudian sesekali aku akan melihat ke arah pohon palem. Tidak peduli tempat itu adalah laut atau pegunungan aku akan menyukai tempat itu.
Seungyoon
Aku ingin ikut bersama Mino.
Mino
Haha. Aku tidak akan membawamu bersamaku.
Seungyoon
Kalau begitu, aku ingin kembali ke kampung halamanku, Busan. Walaupun kami memiliki jadwal pekerjaan di Busan, aku tidak pernah memiliki waktu untuk pulang. Aku menyukai perjalanan ke luar negeri, akan tetapi, aku sangat ingin bertemu dengan teman-temanku lagi dan juga keluargaku. Ada banyak wajah yang aku rindukan.
Seunghoon
Kami pergi ke New York untuk pemotretan cover album debut kami. Di sana kami hanya bekerja lalu kembali ke Korea. New York adalah kota terjauh yang pernah aku kunjungi. Walaupun kami kembali setelah bekerja untuk pemotretan dengan terburu-buru, setiap kali aku melihat photobook album debut kami aku dapat mengingat dengan jelas waktu-waktu menyenangkan yang kami lalui disana. Aku memiliki kegemaran menonton ulang film yang aku sukai berkali-kali. Dari kegemaran ini ada emosi baru yang aku rasakan setiap kali aku selesai menonton ulang film itu. Aku ingin merasakan emosi seperti ini dengan New York juga.
Taehyun
Aku ingin pergi ke festival musik di luar negeri dan mendirikan tenda di lapangan rumput sambil mendengar musik, aku ingin bersantai selama satu minggu. Aku juga tertarik untuk mencoba perjalanan backpacking, yang belum pernah aku lakukan sebelumnya.

8

Tolong bocorkan sedikit tentang proyek sepanjang tahun “Exit Movement” dengan kami sebelum kalian pergi! Kapan lagu baru yang kalian ungkap di konser akan dirilis dalam sebuah album?
Seungyoon

Kami merekam lagu baru kemarin dan hari ini. Kami bekerja keras dan melewati malam yang sibuk setiap hari. Kami senantiasa memperbaiki rekaman lagu-lagu kami berulang-ulang. Dengan melakukan itu, kami bisa membuat lagu yang lebih baik lagi dan proses itu terus berlanjut seperti pita Mobius. Itu karena kami sangat rakus (akan kesempurnaan). Kami akan kembali dengan sebuah album yang penuh akan kepuasan.

9

2 tanggapan untuk “[Wawancara] WINNER di Allure Korea Edisi Juni 2016”

Talk To Us